Breaking News

Tuesday, August 28, 2018

The Best Process lebih baik daripada The Best Input

Assalammu'alaikum Wr Wb.
Malam ini masih belum bisa tidur karena terngiang dan terfikirkan apa yang diakatakan pengawas sekolah Pak Wahyu Cahyono tadi pagi ketika ada momen pendampingan K13 mapel Prakarya yg sebetulnya saya juga tidak menguasai karena beda basis ilmu yang saya kuasai tapi terpaksa harus mengajarnya ! :(
Beliau (Pak Wahyu Cahyono) mengatakan bahwa sekolahan swasta yang muridnya biasa saja tapi ketika lulusannya nanti berhasil dengan NEM yang bagus itulah sbetulnya sekolahan yang sukses besar. Beda dengan Sekolahan Unggulan yg memang notabene nya siswa memang sudah pintar dari dasarnya ketika lulus kok NEM nya bagus itu bukan sesuatu hal yang hebat apalagi luarbiasa. Tanya Kenapa ? Ya karena sudah selazimnya anak pintar ya lulus NEMnya Bagus dong ! Beda dengan anak yang biasa bahkan kurang pandai tapi kok bisa lulus dengan hasil yang bagus itu baru sesuatu hal yang Hebat ! Oleh sebab itu beliau mengatakan "the best process lebih baik daripada the best input". Ya karena dengan proses yang terbaik itulah yang bisa mengasah seseorang menjadi luar biasa padahal sebelumnya dia adalah seseorang yang biasa. Beda dengan input yang sudah baik pasti outputnya juga jadi lebih baik atau minimal baik. Usut punya usut ternyata ungkapan Pak Wahyu Cahyono ini merujuk kepada bukunya Pak Munif Chatib yang berjudul Sekolahnya Manusia yang disitu juga (singkatnya ) diterangkan tentang best process dan best input tadi.   


Selebihnya yang ingin saya tuliskan adalah bagaimana menciptakan The Best Process ini seiring dengan tantangan yang ada di masing-masing sekolahan khususnya sekolahan swasta seperti kami ini. Tidak mudah memang membuat atau merubah siswa biasa menjadi luar biasa. Ataupun kalaupun bisa biasanya tidak semuanya berhasil seperti itu. Namun apa salahnya sebagai Guru dan Orangtua kami juga tetap harus berupaya. Berikut adalah hal yang mungkin harus dilakukan bila ingin melakukan The Best Process ini :
1. Menerima siswa dari semua kemampuan
Ketika masa PPDB sekolaahn yang ingin menciptakan The Best Process ini  harusnya tidak hanya menerima siswa yang pintar saja tapi juga siswa yang tidak pintar sehingga tidak ada perbedaan antara yang pintar dan (maaf) siswa bodoh. Keduanya kita perlakukan sama rata, bahkan yang kurang tadi lebih diperhatikan agar mereka ikut bisa seperti yang lainnya dan yang sudah bisa semakin bisa sehingga tidak ada kesenjangan ilmu sampai harus ada pembeda semacam dibentuknya kelas unggulan segala.
2. Memahami cara belajar anak. 
Memang benar tidak ada kelas Unggulan tapi yang ada hanya kelas tertentu sesuai pengelompokkan gaya belajar anak (siswa) yang terlebih dahulu disaring lewat program MIR atau Multiple Intelligent Research (lihat FB kami berikut) : https://www.facebook.com/189979294375946/photos/pcb.2307584085948779/2307560819284439/?type=3&theater
Tes ini hanya mendeskripsikan kecenderungan belajar siswa. Sehingga anak-anak dikelompokkan berdasarkan kecenderungan cara belajar. Multiple Intelligences menyarankan kepada kita untuk mempromosikan kemampuan atau kelebihan seorang anak dan mengubur ketidakmampuan atau kelemahan anak.
 3. Membekali siswa dengan materi keagamaan yang lebih
Jika sekolahan umum biasanya 1 minggunya mapel agamanya hanya 2 jam saja, maka agar The Best Process ini bisa sukses, juga harus mencakup dan dibarengi dengan materi agama yang lebih banyak (bisa sampai 5 kali lipatnya karena full day school). Tujuannya tentu saja agar bisa membawa keimanan dan ketaqwaan yang lebih baik kepada anak anak sehingga bisa membentuk akhlaqul karimah yang juga taat menjalankan ibadah.
4. Materi Pelajaran Umum 
Tidak bisa dipungkiri pedoman untuk diterima disekolahan favorit masih mengedepankan syarat NEM mapel UN, meski sudah banyak faktor pendukungnya sekarang plus rayonisasi (zona). Oleh sebab itu sekolahan yang ingin The Best Process ini juga tidak mau kalah dalam hal pelajaran umum ini juga. Pasti tetap diberikan jumlah jam yang sama dengan sekolahan lainnya pada umumnya. Itupun masih juga ditambah dengan les pemantapan semenjak semester 1 kelas 9, tryout dan lain sebagainya.
5.  Kesabaran, keuletan dan ketelatenan
Butuh kesabaran dalam menangani atau merubah siswa yang biasa menjadi luar biasa untuk mewujudkan The Best Process ini. Tidak mudah memang, butuh usaha yang ekstra (ulet) yang hanya bisa ditempuh bila kita terus mencoba serta berkesinambungan (telaten). Paling tidak, waktu proses selama 3 tahun itulah deadline sekolahan untuk menciptakan perubahan pada siswanya tersebut.
6. Do'a kepada Sang Khaliq
Sebagai umat beragama pasti kita tidak bisa lepas dari pertolongan Tuhannya. Termasuk The Best Process ini tidak akan terkabul bila kita sebagai manusia tidak meminta bantuan atau pertolongan lewat do'a, ibadah (sholat) kita kepada Illabi Robbi lewat pembiasaaan peribadatan yang dilakukan saat jam sekolah (Murojaah Juz Amma, Sholat Dhuha, Sholat Dhuhur, dan Sholat Ashar) bahkan diluar sekolah dengan mendatangkan orangtua siswa juga seperti SBT (Spiritual Building Training) http://smpipa.blogspot.com/2017/04/point-point-penting-penyampaian-sbt-2017.html dan juga Mujahadah UN http://smpipa.blogspot.com/2013/04/mujahadah-ujian-nasional.html


Itulah mungkin beberapa contoh upaya dalam menciptakan The Best Process di sekolahan dan mungkin bahkan bisa juga diterapkan oleh para orangtua di rumahnya masing masing agar buah hati mereka bisa menjadi anak yang berhasil meski pada awalnya tidak pandai tetapi akhirnya bisa berhasil lewat Proses yang Terbaik itu.
Akhir kata tetaplah berusaha dan semangat jangan menyerah untuk perubahan yang lebih baik lagi demi tercapainya cita cita hidup mulia di dunia dan di akhirat.
Wassalammu'alaikum Wr. Wb.

Read more ...

Tuesday, July 24, 2018

Hewan Pun Bisa Menyesal, Masa' manusia Enggak ? :)

Assalammualaikum Bro and Sis serta Juragan semua :)
Seperti yang kita ketahui bahwasannya Alloh menciptakan manusia dengan bentuk yang paling sempurna diantara makhluk ciptaan Alloh yang lainnya seperti yang tertuang dalam AlQuran berikut ini : (Al- Qur’an di Surah At-Tin ayat 4 “ Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya”) serta “Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan”. (QS. Al Isra’ : 70). Sempurna disini ialah dari segi penampilan fisik tidak ada makhluk yang lainnya yang diciptakan sebaik (cantik atau rupawan) seperti layaknya manusia ini. Tentunya harapannya adalah diimbangi juga dengan perilakunya yang harus paling baik mengalahkan ciptaan Illahi Robbi lainnya seperti hewan misalnya. Namun sayang seribu sayang seringkali manusia lupa akan hal itu ! memiliki bentuk yang sempurna tetapi akhlaqnya tidak demikian. Masih banyak dari kaum manusia yang ketika habis melakukan kesalahan mereka tidak pernah kapok bahkan terus menggulanginya lagi. Yang parahnya ketika sudah dijatuhkan sangsi hukuman manusia bahkan melakukan kesalahan baru lagi, seperti ini misalnya : http://www.tribunnews.com/nasional/2018/07/23/kpk-menduga-suap-di-lapas-sukamiskin-terjadi-secara-sistematis
Read more ...

Thursday, June 7, 2018

PENYEBAB NILAI UN 2018 TURUN

Assalammu'alaikum....mohon maaf Hadirin Hadirat semuanya cukup lama  Ane tidak memuat Artikel dan kali ini ane juga cuma repost saja ya ! :)
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan atau Mendikbud, Muhadjir Effendy, mengatakan Hasil UN SMP 2018 nilai rata-rata mengalami penurunan. "Memang ada penurunan skor dengan adanya soal HOTS (High Order Thinking Skills) Bahkan SMP lebih parah (penurunan skornya)," ujar Muhadjir pada buka puasa bersama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Jakarta, Rabu, 23 Mei 2018 seperti dikutip dari Antara.Menurut Muhadjir, penurunan tersebut ada kaitannya dengan integritas. Hal itu dikarenakan semakin tinggi integritas, maka nilai UN mengalami penurunan. Untuk SMP, lanjut Mendikbud, jumlah sekolah yang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sebanyak 63 persen. Jauh lebih tinggi jika dibandingkan tahun 2017 UNBK untuk SMP sekitar 30 persen.
Dengan adanya soal-soal dengan daya nalar tinggi atau HOTS, kata Muhadjir, kondisi riil di lapangan bisa diketahui. "Di satu sisi, banyak siswa yang komplain dengan adanya soal HOTS ini. Tapi di sisi lain, jumlah siswa yang mendapatkan nilai sempurna untuk mata pelajaran matematika tingkat SMA naik dua kali lipat".
Muhadjir menambahkan, selama ini Kemendikbud memandang siswa kurang mampu mengerjakan soal-soal dengan daya nalar tinggi. Nyatanya, kemampuan siswa jauh di atas rata-rata. "Kemampuan siswa 400, dikasih soal yang kemampuannya 150," katanya.
Soal dengan daya nalar tinggi, Muhadjir menambahkan, merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindari supaya siswa memiliki kemampuan unggul pada abad 21 ini. Untuk itu, dia meminta PGRI untuk membantu Kemdikbud melakukan pelatihan guru.
Read more ...

Tuesday, May 2, 2017

UN 2017 memang beda


Assalammu'alaikum Wr Wb
Bertepatan dengan penyelenggaraan UN tahun pelajaran 2016-2017 kali ini sebelum mengawasi UN di SMP Negeri 2 Ungaran ane sempatkan sebentar menuliskan sedikit hal yang mungkin beda dan unik dalam penyelenggaraan UN kali ini, apakah saja itu let's cekidot dibawah ini ya ! :
1. UN BK
    Selain UNKP (Ujian nasional Kertas Pensil) atau UN manual biasa, Ujian nasional ada yang menggunakan komputer alias UNBK (Ujian nasional Berbasis Komputer). Awalnya UNBK di Ungaran juga wajib tapi akhirnya pemerintah daerah setempat tidak mewajibkan untuk seluruh sekolahan, hanya beberapa sekolahan yang benar benar ready yang menggunakan komputer. Sementara yang belum ready tidak harus menggunakan komputer.

Read more ...

Wednesday, April 12, 2017

Point Point Penting Penyampaian SBT 2017

Assalammu'alaikum Wr Wb
Bro, Sis & Guys also People semuanya, tidak biasanya acara SBT atau Spiritual Bulidding Training atau lebih tepatnya Training Motivasi UN untuk siswa kleas 9 diadakan pada malam hari (ba'da Maghrib) dengan harapan suasana lebih tenang dan gelapnya ruangan lebih mudah diciptakan tanpa harus mengguinakan tirai tirai penutup ruangan yang biasanya terbuka.
Dan kali ini tanggal 11 April 2017 yang lalu (kemarin sejak tulisan ini dibuat) acara SBT itupun telah terselenggara dengan baik dan sukses. Tapi mungkin pembaca diluar SMPIPA yang lainnya yang ingin mengetahui isi penting atau poin penting (hikmahnya), maka berikut ini akan coba ane rangkum apa saja poin tersebut.
1. SUKSES ITU DIRENCANAKAN
    Sukses / Tidaknya Hidup ini tergantung SAYA sendiri, tidak menyalahkan / karena orang lainnya
    ini contoh ilustrasi videonya
  


2. SUCCESS WAYS :
   a. Discipline
   b. Teamwork
   c. Never Giveup

3. Bahaya Handphone
    "Smartphone hanyalah sebuah ALAT, so janganlah kita ini DIPERALAT!" (Andhy Kusuma        Brata)
    ini contoh videonya
                                   
   
4. Bangga terhadap negara Indonesia (Nasionalisme) & Waspada terhadap persaingan global 
    Masa' kalah dengan orang Korea yang dengan serius & fasihnya menyanyikan lagu Indonesia Raya
    Adanya MEA juga merupakan ancaman kaerna warga negara Asean bebas untuk bekerja di Indonesia tanpa VISA.
    Ada pula video seorang warga negara Inggris Peter yang fasih berbahasa Jawa dan bermain gamelan sementara kita yang orang pribumi malah tidak bisa melakukannya


5.  Learning Environment
     a. Siswa
     b. Orangtua
     c. Lingkungan (Teman pergaulan)
     d. Guru
     ini video ilustrasinya :




6.  Syarat Sukses
     a. Jangan tinggalkan Alloh
     b. Jangan pernah membantah Orangtua
     itu contoh video nya agar tidak menyesal sebelum orang tuanya pergi untuk selamanya  
    
ini dalilnya :
7. Uways Al Qarni
    Siapa itu dia, simak kisahnya disini : http://mselim3.blogspot.co.id/2013/08/uwais-al-qarni-terkenal-di-langit-tapi.html 
    Dan ini ilustrasi videonya (true event & story)


8. Tiga (3) Macam Orangtua :
    a. Orangtua Kandung Ayah & Ibu yang melahirkan
    b. Orangtua Istri atau Suami / Mertua
    c. Orangtua di sekolahan (Bpk Ibu Guru/ Dosen/Kyai/Ustad)
9. Relaksasi (Hipnoterapi)

























10. Formula Zuhud

Itulah rangkuman ulasan dari kegiatan SBT tahun 2017 ini yang ternyata banyak hikmah yang disampaiakn didalamnya. Semoga bermanfaat bagi perubahan perilaku dan prestasi khusunya siswa siswi dan umumnya terhadap kita semuanya !
Wassalammu'alaikum Wr. Wb.

Read more ...

Monday, April 10, 2017

Kelas 9 Udah Ga Jamannya Nakal Lagi

Assalammu'alaikum Wr Wb
Sekian lamanya ga nulis Blog ini baru sekarang ini (kurang lebih) 1 tahunan :-D Bukan mudah mencari tema apa yang mau dituliskan di blog ini karena sudah ada media sosial FB yang lebih mudah dalam penyampaian juga dalam mengangkat masalah atau tema apa yang mau dituliskan mungkin itulah salah 1 alasan kenapa ane jarang nulis sesuatu disini. Tapi sekarang ada bahan yang untuk ditulis jadi mari kita simak bersama ya tulisan ane ini, siapa tau bermanfaat & membawa perubahan bagi kita semua terutama anak anak didik (siswa siswi kita) semua.
Judul diatas " Kelas 9 Udah Ga Jamannya Nakal Lagi " bukan berarti yg bukan kls 9 terus diperbolehkan bahkan harus 'Nakal' ? Tidak juga kalez :-D Namun sudah selayaknya yg kelas 9 ini seharusnya sudah insyaf ! Tanya kenapa ? Ini alasan-alasannya :
1.Tinggalkan kesan yang baik ketika akan lulus,
Bukan malah meninggalkan kesan buruk dengan masalah yang diperbuatnya diakhir masa jelang kelulusannya tersebut. Bukankah dulu kalian diterima di sekolahan tersebut dengan baik baik ? Maka kelaurlah dengan cara yang baik pula !
2. Doa mujarab dari Guru dan Orangtua,
Tidak bisa dipungkiri bahwa yang namanya Ortu itu selain Ortu kandung juga ada para Guru yang mengajarimu di sekolahan. Bila ada masalah yang kalian buat dengan guru di sekolahan bisa saja do'a restu atau ilmu yang diajarkan selama ini tidak bermanfaat akibat ada hati Bapak Ibu Guru yang dilukai sehingga membuat UN mu yang harusnya mudah karena do'a restu itu tapi bisa jadi malah nilainya hancur karena Adzab dari Alloh SWT akibat permasalahan (kasus/kenakalan) yang dibuat oleh muridnya itu sendiri
3. Kakak kelas hendaknya memberi contoh yang baik, 
Berilah adik adik kelasmu contoh yang baik (sauri tauladan) bahwa yang senior seharusnya menjadi panutan yang baik bagi adik adik kelasnya apalagi ditambah dengan prestasi yang memuaskan maka hal tersebut bisa meningkatkan kebanggaan tersendiri buat kakak kelas yang akan lulus tersebut, bukannya malah membuat malu dengan berbagai permasalahan dan kasus yang mendera !
Akhir kata semoga siswa siswi kelas 9 tidak ada yang bermasalah lagi dengan kasus atau kenakalan yang diperbuat tapi mereka lebih fokus kepada UN yang  kan diselenggarakan tidak lama lagi (kurang lebih 20an) hari lagi semenjak tulisan ini dibuat
Good Luck for you All
Wassalammu'alaikum Wr Wb.


Read more ...

Thursday, April 28, 2016

Motivasi Ujian Nasional untuk tahun 2016 dan seterusnya

Assalammu'alaikum Wr..Wb... 


YAKIN ELO PADE LULUS SEMUA UJIAN NASIONAL DENGAN NILAI MURNI ? Ya itulah sekarang yang patut dipertanyakan sebab jika untuk syarat kelulusan sendiri sih sekarang sudah dipermudah tinggal gimana dengan NEM itu sendiri yang masih menjadi patokan sekolahan negeri untuk menerima seorang siswa atau murid.
YANG PINTAR SAJA TIDAK JAMINAN LULUS UN APALAGI YANG BIASA BIASA SAJA ? Itulah merupakan kalimat yang SANGAT menohok banget bila diajukan kepada semua kalangan siswa agar tidak ada yang merasa cepat puas (sombong) dengan keadaan dirinya yang dirasa mampu apalagi yang notabene anak yang kurang mampu secara keilmuannya.
Read more ...

Friday, April 8, 2016

TIPE TIPE SISWA SAAT UJIAN

Assalammu'alaikum...Wr..Wb..
Salam sejahterah moga saudara/saudari/teman dan siswa siswi semua selalu dalam lindungan Alloh SWT. Langsung aja semuanya ya ? Kali ini ane akan ambil topik tentang kategori atau tipe siswa saat akan menghadapi sebuah Ujian atau UN. Dari hasil pengamatan ataupun nasehat sambutan dari bapak Komite Sekolah pas Mujahadah I UN 2016 kemaren Sabtu tanggal 2 April 2016, ada beberapa tipe siswa saat akan menghadapi Ujian, antara lain :
1. Biasa Saja
Untuk siswa yang model seperti ini adalah yang paling ideal karena secara mental dan keilmuan, dua duanya siap semuanya. Dia sudah sering ikut Les baik les Bimbel / privat / les di sekolahan, banyak latihan / tryout, otaknya juga encer atau kalo tidak dia punya bekal anaknya rajin (giat belajar), masih ditunjang lagi oleh rasa percaya diri yang tinggi sehingga ia pun siap secara mental. Maka, baginya Ujian hanyalah sebuah latihan biasa yang sudah sering ia santap sehari hari sehingga Insha Alloh pun hasil maksimal pun akan dia peroleh
2. Cemas
Untuk siswa model kedua ini biasanya ada siswa yang siapnya hanya 1 saja yakni hanya secara keilmuan tapi secara mental dia belum Pede sehingga masih merasakan cemas / galau atau dalam bahasa show nya yakni demam panggung  ketika menghadapi penonton (dalam hal ini  Ujian itu sendiri). Sebetulnya untuk masalah krisis mental ini bisa disiasati atau diselesaikan dengan do'a (spiritual), mengatur tarik nafas dan lain sebagainya karena modal yang utama yakni secara materi (keilmuan) sudah dia miliki tinggal bagaimana cara menghilangkan kecemasaannya sendiri saja : #ayo_semangat !!!
3. Stress
Untuk kategori siswa yang nomor 3 ini yakni kondisi yang cukup parah karena dia tidak memiliki kesiapan dari segi apapun baik dari keilmuan maupun dari mental juga tidak siap tapi ketika Ujian (UN) itu tiba, dia baru sadar dan kebingungan sehingga akhirnya Stress pun menghantui karena nilai nya nanti takut jelek, takut ga keterima di sekolahan negeri dsb....
4.  Santai Santai Saja
Sedangkan untuk kategori siswa yang terakhir yakni siswa yang nomor 4 ini yakni kondisi yang #paling_parah.  Tanya Kennapa ? Ya arti dari santai-santai disini bukan seperti kondisi seperti pada jenis siswa yang pertama yakni biasa saja karena dia sudah siap tapi memang tidak ada persiapan sama sekali karena dia tidak memikirkan nilai UN mau dapat berapa atau mau sekolah lanjut kemana ? #parah_banget kalo udah kayak begini khan ? Hampir bisa diartikan siswa yang seperti ini adalah seperti anak yang tidak memikirkan masa depannya sendiri (Naudzubillah), entah apa yang ada dipikirannya ? :-(
Alumners Angkatan 5 mohon do'a restu UN SMA 2016

So..., dari ke 4 kategori (Tipe siswa) tersebut, kalian termasuk yang mana ? Semoga tidak ada yang termasuk kategori nomor 3 dan 4 ! Ya minimal yang Nomor 2 atau syukur lebih baik jika bisa yang nomor 1 yakni menjadi siswa yang siap lahir dan batin, yang secara keilmuan serta mentalnya semua mendukung 1 sama lainnya. Akhir kata Kami Bpk/Ibu Guru & Orang Tua kalian semuanya do'akan : "semoga angkatan 9 SMPIP Assalamah ini dan bagi Alumners angkatan 5 yang kemarin UN SMA semuanya mendapatkan hasil Nilai Ujian Nasional Murni / NEM yang memuaskan sehingga bisa masuk sekolahan atau Perguruan Tinggi yang diinginkan !"

Wassalammu'alaikum..Wr..Wb..


 
Read more ...

Wednesday, January 13, 2016

Gallery Photos Peringatan Maulid Nabi 2016

Assalammu'alaikum.Wr.Wb.
Tanpa banyak bicara langsungan aja ya, berikut adalah beberapa galeri foto yang lainnya hasil tambahan dari jepretan kamera DSLR Nikon milik Ibu Siti Khotimatun yang tentunya kwalitas gambarnya tidak diragukan lagi :-)
Cekidot...! :






























Itulah tadi tambahan beberapa Foto Peringatan & Lomba menyambut Maulid Nabi muhaamd SAW di SMPIP Assalamah Ungaran. Semoga menambah kecintaan kita terhadap Rasulullah & tahun depan bisa diselenggarakan lagi yang lebih baik tentunya. Akhir kata Terimakasih atas perhatiannya.
Wassalammu'alaikum Wr. Wb.

Read more ...
Designed Template By Blogger Templates - Redesigned By RIESKY FERDIAN