Breaking News

Thursday, November 9, 2023

PAHLAWAN itu ....

Assalammualaikum semuanya

Ketemu lagi setelah beberapa hari lalu berkunjung kesini 😊

Semoga tidak bosan menyambangi blog ini !

Di momen kali ini ane akan membahas PAHLAWAN ya

Seperti yang kita ketahui dalam bahasa Indonesia , kata Pahlawan berasal dari kata Pahala dan Wan yang artinya orang yang yang banyak sekali Pahalanya dikarenakan jasa jasa mulianya dalam berkorban demi memperjuangkan sesuatu yang baik seperti kemerdekaan suatu bangsa.

 

Dulu tatkala perjuangan kemerdekaan Indonesia, Terutama peristiwa 10 November 1945 pasukan Indonesia dan rakyat Surabaya bersatu melawan pasukan sekutu yang mencoba mengambil alih kembali kendali atas kota tersebut. Pertempuran ini berlangsung sengit dan mengakibatkan banyak korban, termasuk para pejuang kemerdekaan yang rela mengorbankan nyawa mereka demi melindungi kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia. Sehingga para Syuhada yang gugur serta berjasa dalam memperjuangkan negeri, kita menghormati dan menyebutnya dengan kata Pahlawan. 

"Namun di jaman sekarang PAHLAWAN bisa multi tafsir. Ya ... karena PAHLAWAN ini hakikatnya adalah dia yang tidak hanya berkoban mengangkat senjata demi kemerdekaan bangsa dan negaranya,  mengusir penjajah saja tapi juga yang mencerminkan individu atau kelompok yang memiliki keberanian, dedikasi, dan tekad untuk membuat perubahan positif dalam masyarakat, yang memiliki kontribusi atau jasa besar bagi orang lain ". 

Berikut adalah beberapa aspek hakikat pahlawan masa kini:

  1. Pahlawan Sosial : Pahlawan masa kini adalah mereka yang peduli terhadap masalah sosial dan berusaha membantu orang lain. Mereka bekerja di lembaga amal, organisasi non-pemerintah, atau sebagai relawan untuk membantu mereka yang membutuhkan, termasuk kaum miskin, anak-anak terlantar, dan orang-orang yang mengalami kesulitan.

    Santunan Anak Yatim Piatu

  2. Pahlawan Pendidikan : Guru dan pendidik yang menginspirasi dan membimbing generasi muda. Mereka menciptakan lingkungan belajar yang positif, memberikan motivasi kepada siswa, dan membantu mereka mengembangkan potensi mereka secara penuh.

    Guru - Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

  3. Pahlawan Lingkungan : Individu atau kelompok yang peduli terhadap keberlanjutan lingkungan dan berusaha melindungi alam serta mengatasi masalah lingkungan seperti polusi, deforestasi, dan perubahan iklim.

    Yayasan Assalamah Ungaran berbagi air bersih

  4. Pahlawan Inovasi : Mereka yang menciptakan solusi inovatif untuk mengatasi masalah sosial, ekonomi, atau lingkungan. Mereka bisa menjadi pengusaha, ilmuwan, teknolog, atau aktivis yang mencari cara baru untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

    Heni Sri Sundari - Gerakan Anak Petani Cerdas

  5. Pahlawan Kemanusiaan : Pahlawan masa kini juga mencakup orang-orang yang memberikan bantuan kemanusiaan di daerah konflik atau bencana alam. Mereka rela mengorbankan waktu, tenaga, dan sumber daya untuk membantu para korban dan memulihkan kehidupan mereka.

    https://channel.ugm.ac.id
  6. Pahlawan Keberanian Sipil : Aktivis, jurnalis, dan advokat hak asasi manusia yang berani melawan ketidakadilan, korupsi, dan pelanggaran hak asasi manusia. Mereka memperjuangkan nilai-nilai demokrasi dan keadilan dalam masyarakat mereka.

    Jurnalis (https://kpi.ipmafa.ac.id)

    Itulah tadi makna dari PAHLAWAN yang bermacam macam jenisnya. Kalau menurut Ente PAHLAWAN itu apa ? Minimal ya kalau menurut ane sih jadi PAHLAWAN keluarga, bisa saja menjadi seorang Ayah yang baik buat istri dan anaknya atau bisa juga anak yang berbhakti kepada keluarga nya ketika orangtuanya sudah tua atau telah tiada, dialah yang menggantikan peran sebagai pemimpin keluarga dalam mencari nafkah dan yang sanggup melindungi keluarganya.

    Semoga kita bisa menjadi PAHLAWAN , sosok yang bermanfaat buat lingkungan sekitarnya, syukur bermanfaat buat orang banyak 💪🏼🤲🏼.

    Pinterest
     

    Terimakasih sudah mampir dan membaca, jangan lupa follow dan like serta share nya ya !

    Wassalammualaikum

No comments:

Post a Comment

Designed Template By Blogger Templates - Redesigned By RIESKY FERDIAN