Breaking News

Sunday, March 10, 2013

Hal - hal yang perlu diwaspadai jelang UN

Assalammu'alaikum...
Malem ini entah kenapa inspirasi ane untuk nulis nulis di blog ini kok jadi giat ya ???? padahal yang buka blog smpipa ini sedikit sskali !?!? but anyway i dont care, wong niat ane hanya ingin share kebaikan, ilmu dan info bagi kita semua !!! Harapannya ane dapet pahala and tulisan ini bermanfaat bagi kita semua !!! Semoga suatu saat Bro and Sis semua suka (ngeLike, jadi Follower atau just comment) dengan blog ini, baik dari siswa yang masih aktif maupun di luarnya sperti Alumners dan khalayak umum ! (Aaamiin)
Masih seputar UN lagi yang ane bahas ya Sob, Bro and Sis semua !!! Ketika UN akan tiba biasanya ada beberapa kendala yang patut kita waspadai bahkan kalo bisa dicegah meskipun manusia tidak akan pernah tahu kapan musibah itu datang ! tapi setidak tidaknya kita menjadi mawas diri terhadap segala kemungkinan terburuk yang bisa menimpa.
Tidak hanya UN saja sbetulnya yang perlu diwaspadai agar "Sesuatu" itu tidak terjadi menimpa seseorang yang bisa mengakibatkan mundurnya alias nyusul ikut UN susulan bahkan mengakibatkan gagalnya mengikuti Ujian Utama dan UN susulan yakni tanggal 22 April serta seminggu depannya lagi (Confirmed jadinya 22 April ini pasti, artikel ane yang ini dah ga berlaku !!!! ). Tapi di event penting lainnya yakni Pernikahan biasanya ada adat yang mengharuskan seseorang calon mempelai (biasanya yang putri, klo laki laki aman berkeliaran ha...ha...ha...) itu mengikuti tradisi dipingit. Bahkan di kontes nasional dan internasional seperti putri indonesia & miis universe pun kita mengenal istilah karantina. Dipingit atau dikarantina sebetulnya tujuannya adalah untuk "mengamankan" agar si calon pengantin putri atau peserta kontes kecantikan. Mengamankan disini tidak hanya dari bahaya saja tetapi untuk penggemblengan materi (intensif) yang dibutuhkan untuk menghadapi kehidupan selanjutnya (bahterah rumah tangga) bagi calon pengantin dan menghadapi materi tes kecantikan bagi peserta kontes kecantikan.
Khusus untuk UN sbetulnya calon peserta UN harusnya juga menganut istilah dipingit atau karantina ini. Tujuannya agar tidak terjadi sesuatu ketika UN nanti berlangsung. "Sesuatu" itu bisa saja hal-hal berikut :
1. Sakit
    Sakit yang parah menyebabkan peserta UN tidak bisa ikut UN utama dan terpaksa ikut UN susulan dengan catatan minggu depannya harus benar benar sembuh & sanggup berfikir untuk mengerjakan soal UN. Memang ada alternatif tetap mengerjakan UN utama walaupun mengerjakannya di Rumah Sakit. Tetapi pertanyaanya akan maksimalkah hasil yang diraih nanti ketika mengerjakan siola UN sambil sakit ??? So pesannya adlaha Jaga kndisi badan atau kesehatan sebaik-baiknya !




2. Kecelakaan
     Kecelakaan ringan saja  mengakibatkan luka yang yang sakit apalagi kecelakaan berat menyebabkan seseorang harus dirawat inap di rumah sakit ! dan pasti butuh perawatan yang tidak sebentar alias lama !!!! otomastis harapan ikut UN Utama atau susulan akan pudar sehingga terpakasa harus mengikuti kerjar paket atayu mengulang lagi tahun depannya. Hal ini biasanya penyebab gagalnya ikut UN yang cukup fatal ! So pesannya hati hati di jalan jangan ugal-ugalan terutama yang anak muda ketika menggunakan kendaraan.

3. Masuk Penjara
     Kalo sudah urusan sama hukum pasti selanjutnya adalah masuk penjara atau di BUI. Ini adalah penyebab gagalnya UN yang paling fatal bahkan menyebabkan seseorang menjadi MADESU atau Masa Depan Suram karena nama baiknya hilang (kalo mau urus SKCK tidak bisa lha wong sudah pernah tersangkut hukum atau kriminal ) meski kesalahan yang diperbuat hanya nyolong Ayam :-) bukan korupsi tetapi plus digebukin massa diperparah dengan hukuman kurungan. So pesannya jangan bertindak sesuka hati dan melanggar Hukum agar ente semua selamat dunia (polisi - penjara) & akhirat ( Neraka ).
4. dan lain sebagainya
    Lain sebagainya sangat sulit diprediksi, bisa jadi ajal menjemput sebelum UN itu tiba. ntuk urusan satu ini, Hanya Alloh yang tahu kita tidak bisa mencegah.

Dari sekian hal yang perlu diwaspadai, maka sekiranya ente atau kalian calon peserta UN, sudah sepatutnya bahkan seharusnya berhati hati agar masalah masalah yang telah disebutkan bisa diminimalisir bahkan dicegah (kecuali yang urusan mati)  !!! Jangan sampai ketika menjelang UN, pas Un-nya mengalamai hal - hal yang tidak mengenakkan seperti diatas ! Kalo perlu terapkan metode dipingit atau karantina tadi agar hidup kalian aman dan hasil UN bisa maksimal karena selama proses pingit atau karantina tadi kalian benar tidak keluarnya adalah karena sibuk belajar serta melakukan persiapan - persiapan .
Semoga lancar UN-nya dan suskses pula hasilnya !!!
Wallahua'lam biosshowab

Wassalammu'alaikum....


No comments:

Post a Comment

Designed Template By Blogger Templates - Redesigned By TIKSMP.ORG