Breaking News

Wednesday, March 4, 2015

Jangan Sekedar lulus UN saja, tapi....?

Assalammu'alaikum.WrWb.

Alhamdulillah cukup lama ane ga pernah nulis2 sesuatu di blog ini. Udah bertahunan (lebih dari 1 tahun hampir 2 tahunan) terakhir sejak acara Wisuda angkatan 6 SMPIPA hingga sekarang. Maklumlah tugas & gawe yang numpuk sejak adanya Dapodikdas plus Padamu Negeri yang memusingkan kepala, mumpung ini pas acara MGMP TIK tentang Blog, barulah ane sempatkan waktu untuk sedikit mengisinya di Blog ini.
Langsung saja ke report kali ini yakni tentang Ujian Nasional 2015. Masih sama sebetulnya mekanismenya dengan UN tahun tahun sebelumnya dimana masih menggunakan 20 paket soal cuma untuk Ujian Nasional tahun ini format penilaiannya dimana UN sudah tidak lagi sebagai penentu kelulusan karena untuk kelulusan sepenuhnya (katanya) di tangan sekolahan masing masing. Juga format kelulusannya yang fifty fifty dimana 50 % diperoleh dari nilai Ujian Sekolah & 50 % nya lagi dari Ujian Nasional.
Hal ini tentunya merupakan berita gembira bagi Siswa Siswi sekolah menengah tapi jangan juga menjadi terlena dengan "Kemudahan" itu karena yang Siswa Siswi  targetkan sekarang adalah jangan cuma sekedar lulus UN dengan nilai seadanya tetapi yang jadi target adalah bagaimana meraih predikat lulus dengan Nilai UN murni yang baik (bagus).



Tanya Kennapa ??? ya karena "dengan Lulus nilai UN murni dengan skor yang bagus mempunyai banyak keuntungan, diantaranya :
1. berguna untuk mengantarkan seorang siswa ke jenjang pendidikan selanjutnya ke sekolahan yang bergengsi alias SMA / SMK Negeri atau SMA/SMK Swasta favorit yang mutunya bagus".
2. mendapatkan reward / hadiah  baik dari sekolahan (berupa uang / piala) maupun dari orang tua
3. membahagiakan orang tua
4. rasa bangga & puas (eeiiittt tapi tidak boleh sombong dulu)

Cobalah kalian lihat Gambar diatas, mas Reza Rizki Fadhla (Mas Fade) siswa Angkatan 6 peraih predikat siswa berprestasi nilai UN terbaik se SMP Assalamah, dia berhak atas Reward dari sekolahan berupa uang, piala serta masuk SMA Negeri 1 Ungaran. 
Pertanyaannya : 1. Apa harus seperti Mas Fade yang rangking 1?
                           2. Resepnya apa atau bagaimana ?
Jawabannya : 
1. Tidak harus yang terbaik tapi paling tidak setiap anak (siswa/siswi) harus punya target lulus dan nilai maksimal karena dengan adanya target tesebut ada usaha yang menyertainya. Beda dengan anak yang tidak punya target, maka dia akan bekerja dengan seenaknya yang akibatnya hasilnya pun apa adanya. Urusan rangking itu hanya sebagai persaingan saja.
2. Resepnya tiap orang itu beda beda (mungkin ada pembahasan khusus untuk masalah ini di next artikel) tapi setidaknya membagi waktu antara belajar & bermain bahkan untuk urusan perCintaan mungkin perlu diatur seketat mungkin bila kalian mau Sukses atau punya Target Lulus UN dengan nilai Murni yang memuaskan.

Akhir kata semoga ulasan singkat ini bisa menjadi pengantar awal ataupun renungan agar Lulus UN nilai murni bisa menjadi keinginan siswa siswi SMP IP Assalamah saat ini.
Waalahu'alam Bisshowab
Wassalmmu'alikum Wr. Wb







No comments:

Post a Comment

Designed Template By Blogger Templates - Redesigned By TIKSMP.ORG