Breaking News

Wednesday, May 4, 2011

Setelah UN Mau Ngapain yach ?!?

Ilustrasi
Yah itu adalah ungkapan sekaligus pertanyaan bagi anak-anak kelas 9 Khususnya At-Thahir. Datang ke sekolahan setiap hari namun tiada hal, pekerjaan ataupun pelajaran lagi yang harus dilakukan dan dipelajari. Karena memang semuanya telah dilalui atau telah diberikan oleh Bapak-Ibu Guru disekolahan. Ini memang adalah masa-masa transisi buat anak-anak tersebut. Masa dimana hari-hari menunggu saat pergantian jenjang tingkat pendidikan dari SMP menuju SMA. Tetapi yang menjadi kendala apabila ingin berpindah ke SMA, mereka belum menerima ataupun mengetahui pasti berapa hasil nilai UN yang kemarin telah mereka kerjakan. Sehingga hal ini menjadi sesuatu yang tampaknya masih "Misteri" sampai nanti pengumuman hasil UN dan kelulusan  tanggal 4 Juni diumumkan. Sehingga mau tidak mau meerka harus sabar menunggu sambil terus berdo'a kepada Alloh SWT agar sekiranya hasil UN nya bisa keluar dengan nilai sesuai harapan.Kembali ke pertanyaan setelah UN mau ngapain yach ? Sepanjang pengamatan saya setiap hari mereka datang ke sekolahan (walau tidak wajib sich..) di awal mereka masuk  biasanya diisi dengan Sholat Dhuha (sangat bagus untuk pembiasaan....!), setelah itu yang putra biasanya main bola dan yang putri ga tau lagi ngapain aja di kelas ataupun di Musholla (sebagian ada yang pinjam gitar untuk latihan atau mengisi waktu). Bagi yang ga masuk (ga berangkat ke) sekolah entah apa saja yang mereka lakukan dirumah atau dilingkungannya ? Setelah itu bagi yang masuk sekolah sampai waktu Makan siang tiba mereka makan, trus Sholat lalu pulang. Setiap hari selalu begitu sepanjang Bulan Mei ini hinggga sebelum 4 Juni nanti. Pertanyaannya adalah "masih adakah hal-hal positif yang bisa dilakukan sambil menunggu pengumuman hasil UN dan kelulusan nanti" ?

Ilustrasi
Jawabanya ADA BAHKAN BANYAK SEKALI HAL POSITIF yang bisa diisi dan dilakukan sambil menunggu hasil UN itu keluar. Misal :
Bagi yang selalu berangkat sekolah, kalian bisa melakukan hal berikut :
1. Sholat Dhuha, Tadarrus, Murojaah surat-surat pendek
2. Latihan untuk persiapan Wisuda, misal ngeband, nggitar, drama, puisi, ataupun tari
3. Sepulang sekolah bisa meluangkan waktu untuk mencari informasi pendaftaran sekolahan SMA/SMK yang ingin dituju nanti agar punya beberapa wawasan pilihan sekolah mana yang tepat bagi dirimu
Bagi yang ga berangkat ke sekolahan
Kalian bisa saja melalukan beberapa contoh hal berikut ini :
1. Bangun pagi, sholat Subuh, Olah raga pagi, mandi
2. Membantu menyelesaikan pekerjaan rumah Ibu
3. Membantu pekerjaan Ayah bila memang orangtuanya ada yang mempunyai usaha (wiraswasta), seperti berjualan, berternak dan lainsebagainya
4. Keluar rumah bukan untuk main-main tetapi untuk mencari tahu info-info sekaligus pendaftaran sekolahan SMA-SMK yang ingin dituju yang sesuai dengan keinginan hati
5. Kalau diluar negeri, bagi mahasiswa / pelajar yang sekolah jauh disana mereka mengisi waktu liburannya (misal summer holidays) dengan mencari pekerjaan part-time, hitung hitung sebagai tambah pengalaman dan pendapatan.
6. Yang terakhir ini berlaku untuk semua anak baik yang memilih di Sekolahan ataupun dirumah saja, janganlah kalian lupa untuk terus berdoa memohon kepada Alloh SWT agar diberikan kelulusan dan nilai UN yang memuaskan
Ilustrasi Wisuda
Dan masih banyak lagi contoh-contoh hal-hal positif lainnya yang bisa kalian lakukan sembari mengisi waktu luang mu khususnya menanti pengumuman kelulusan hasil UN tanggal 4 Juni. Jangan sampai waktu Transisi ini kalian isi dengan hal-hal negatif dan kurang bermanfaat ! Last but not least "Selamat Berjuang dan terus Semangat mengisi hari hari positifmu untuk menyongsong masa depan yang lebih baik "! Karena hari esokmu tidak berhenti selesai sampai disini saja  tetapi masih ada banyak pekerjaan dan keinginan yang belum dilaksanakan ataupun diraih.

No comments:

Post a Comment

Designed Template By Blogger Templates - Redesigned By TIKSMP.ORG