Breaking News

Thursday, April 21, 2011

8 jurus menembus Ujian Nasional

Buat siswa-siswi yang lagi mau ujian nasional ini ada delapan jurus yang saya ambil dari www.kaskus.us :
Ujian nasional adalah saat kita beraksi buat mengukir prestasi !!!

1.Lupakan SKS = Sistem Kebut Semalam


Maksimalkan usaha keras kita dua minggu sebelum hari ujian.Nah, seminggu menjelang UN lebih baik kita rileks dan santai aja. Minggu tenang, gitu loh... Tujuannya, supaya otak kita bisa rileks. Ketika otak kita rileks, apa yang sudah kita pelajari akan tertanam dengan lebih kuat di kepala kita,alias gag gampang lupa. Justru kalo kita maksain belajar di last minute, biasannya apa yang kita pelajari itu enggak nempel di kepala, akibatnya pas kertas ujian di taruh depan muka kita, kita panik terus lupa deh sama semua yang sudah kita pelajari.

2.Berdo'a

Jangan lupa untuk berdoa ya, kita kan cuma bisa berusaha sementara keputusan akhirnya Yang Di Atas yang menetukan. So, biar batin lebih mantap dan tenang saat mengerjakan ujian, jangan lupa banyak-banyak berdoa,yaa!

3.Siapkan senjata

Istilahnya, UN tuh perang.
Jadi senjata yang kita persiapkan pun harus lengkap. Pastikan alat tulis kita sudah siap lengkap. Pulpen, penggaris, pensil 2B, rautan, penghapus, papan alas ujian, semua sudah harus masuk tas.

4.Ketawa ngakak

Coba dulu bercanda sama teman- teman, cerita hal-hal yang lucu dan ketawa ngakak sekeras-kerasnya. Selain bisa ngilangin rasa panik dan mules, penelitian University of California juga mengatakan, ketawa dengan keras dapat merangsang kerja otak secara positif.


5.Sarapan

Mungkin sebagian dari kita nggak terlalu biasa sarapan,khusus buat hari ujian usahakan mengkonsumsi karbohidrat kompleks. Misal roti gandum,oatmeal,bubur kacang hijau atau tempe. Karbohidrat = berguna memacu hormon serotonin yang bikin pikiran kita jadi rileks. So, yea, breakfast indeed, very important.

6.Cari Inspirasi

Pas sudah mulai mengerjakan soal ujian, dan kita merasa pusing mikirin jawabannya,usap lingkaran luar telinga kita. Usap telinga kanan pake tangan kanan sebaliknya yang kiri pake tangan kiri, gerakan simpel ini bisa bikin otak kita jadi lebih rileks, sehingga mikir pun lebih cepat.

7.Minum teh

Selain makan, ada lagi nih minuman yang menunjang perfoma kita saat ujian. Sebelum berangkat sempatkan dulu minum secangkir teh. Penelitian Inggris membuktikan, teh mampu mengurangi level cortisol (hormon stres) dalam darah.

8.Yoga singkat

10 menit sebelum ujian mulai,coba cari posisi senyaman mungkin di tempat duduk lalu lakukan gerakan singkat ini = lipat kedua tanganda (dalam posisi berdoa) ke belakang punggung, lalu tarik bahu dan pundak kita ke belakang. Miringkan kepala ke belakang dan tarik napas dalam-dalam, yoga singkat ini berguna buat bikin kita lebih tenang dan rileks.

SEMOGA BERMANFAAT
(Wallahualam Bisshowab)

No comments:

Post a Comment

Designed Template By Blogger Templates - Redesigned By TIKSMP.ORG