Breaking News

Monday, March 2, 2020

Akibat Virus CORONA

Assalammu'alaikum Wr Wb
Tidak biasanya ane nulis artikel bukan tentang pendidikan tapi malah tentang penyakit yang berbahaya dan mematikan dikarenakan belum ada obat nya hingga saat ini dan juga penyebarannya yang begitu cepat serta meluas.Juga beredar kabar bahwa Virus ini sudah masuk ke Indonesia ! Innalillahi wa inna ilaihi roojiuun...! https://nasional.kompas.com/read/2020/03/02/11265921/breaking-news-jokowi umumkan-dua-orang-di-indonesia-positif-corona?page=all
Sebelumnya apa itu virus Corona ? 
saya lansir dari detik.com dan tirto.id :
Novel coronavirus (2019-nCoV)

Baca selengkapnya di artikel "Gejala Virus Corona dan Daftar Info Penting yang Perlu Diketahui", https://tirto.id/exja
Novel coronavirus (2019-nCoV)

Baca selengkapnya di artikel "Gejala Virus Corona dan Daftar Info Penting yang Perlu Diketahui", https://tirto.id/exja
Novel coronavirus (2019-nCoV)

Baca selengkapnya di artikel "Gejala Virus Corona dan Daftar Info Penting yang Perlu Diketahui", https://tirto.id/exja
Novel coronavirus (2019-nCoV)

Baca selengkapnya di artikel "Gejala Virus Corona dan Daftar Info Penting yang Perlu Diketahui", https://tirto.id/exja
Novel Coronavirus (2019-nCoV) atau virus Corona adalah bentuk virus yang masih bersaudara dengan penyebab SARS dan MERS ini persis mahkota. Bentuk mahkota ditandai protein S berupa sepatu yang tersebar di sekeliling permukaan virus.
Dikutip dari situs LIPI, virus Corona memiliki satu rantai RNA sehingga kerap disebut virus RNA. Virus jenis ini bermutasi lebih cepat dibanding DNA hingga satu juta kali.
Virus Corona Paramyxovirus sempat muncul dalam mesin pencarian Google. Keduanya adalah virus yang berbeda meski sama-sama bisa menginfeksi manusia dari hewan. Penyakit yang disebabkan Paramyxovirus adalah Respiratory Syncytial Virus (RSV), Newcastle disease, dan parainfluenza.
Kemudian apa saja gejalanya ?
Dikutip dari situs Centers for Disease Control and Prevention (CDC), kasus infeksi virus Corona yang dilaporkan ada yang menunjukkan gejala dan tidak. Untuk kasus Coronavirus yang dilaporkan gejalanya adalah:
a. Demam
b. Batuk
c. Napas pendek
Menurut CDC, gejala virus Corona mungkin sudah terlihat mulai 2-14 hari. Perkiraan ini dibuat berdasarkan masa inkubasi virus Corona dalam kasus MERS. Namun berbeda dalam kasus MERS, infeksi 2019-nCoV bisa menyebar dari pasien yang tidak menunjukkan gejala namun sempat berkomunikasi dekat dengan orang lain.
Lalu bagaimana pencegahannya ? 
Karena hingga saat ini berita tentang obatnya masih simpang siur, maka langkah pertama yang bisa dilakukan adalah pencegahan karena tindakan preventif lebih baik daripada mengobati 
Usaha pencegahan virus Corona makin penting karena hingga kini belum ditemukan vaksinnya. Pencegahan menghadapi virus Corona harus dilakukan setiap hari dari segala lapisan usia. Berikut ini usaha pencegahan virus Corona dikutip dari CDC:
a. Cuci tangan dengan air dan sabun minimal 20 detik, atau pencuci tangan yang minimal mengandung 60 persen alkohol
b. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang tidak dicuci
c. Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit
d. Tinggal di rumah jika sedang sakit
e. Gunakan masker dan bersihkan permukaan yang sempat disentuh
f. Jika anda beragama Islam, maka bisa lakukan beberapa amalan amalan berikut ini ! https://www.merdeka.com/trending/amalan-amalan-menurut-islam-agar-terhindar-dari-virus-corona-kln.html
Lalu kaitannya dengan judul diatas adalah .....Ya selain korban jiwa ternyata virus ini juga mengakibatkan banyak hal bahkan hingga bisa dalam hal ibadah , lha iya kok bisa ? Karena pemerintrah Arab Saudi memutuskan untuk melarang calon jamaah Umroh untuk beribadah kesana guna mencegah penyebaran virus Corona di tanah Arab meskipun beberapa negara Timur Tengah sudah ada yang kena (Iran misalnya). Akibatnya banyak jamaah dari Indonesia yang batal atau tertunda tidak bisa beribadah ke tanah suci....yaaa sepi dah sekarang ka'bahnya tidak lagi rame seperti biasanya !

Terus apalagi ? Ada lagi ternyata event MotoGP pertama di bulan Maret 2020 yakni tanggal 8 pun ikuitan dibatalkan karena negara Qatar juga tidak ingin virus Corona ini menyebar disana gara gara banyak kru MotoGP yang dari Jepang yang notabene negara dengan jumlah penderita yang lumayan banyak serta banyak pembalap dan kru dari negara Italia yang juga merupakan negara yang sudah terjangkiti virus Corona. Tidak hanya Qatar saja tetapi MotoGP Thailand juga terancam batal gara gara virus tersebut.
dan masih tambah banyak lagi dampak negatif lainnya yang ditimbulkan akibat Virus ini bila masih belum bisa ditemukan obatnya....?
Eitts jangan salah seperti yang sudah ane bilang diatas tadi bahwa mencegah lebih baik daripada mengobat ! terus apa saja pencegahannya
Saya kutip dari grup Wa berikut ini "Barusan wawancara tvOne dengan Prof Nidam dari Univ Airlangga Surabaya mengenai virus corona :

Masyarakat Indonesia sebaiknya konsumsi empon-empon yang sudah di kenal luas di Indonesia

Empon Empon (source from br.toluna.com)
Orang pulau jawa pasti tau empon-empon itu apa..., yaitu :

Jahe
Temulawak
Kunyit
Kayu manis
Sereh

Digodog direbus jadi 1 dan supaya enak ditambah gula merah sedikit.

Menurut Prof Nidam meskipun ada yang terinfeksi virus Corona tapi bila di gempur tiap hari dengan minum ramuan empon empon diatas akan mengurangi dampaknya.
Dan untuk yang sehat sebaiknya rutin tiap hari minum ramuan empon empon tersebut untuk daya tahan tubuh."

Selain itu ada pula ada kiriman video berikut bahwa telah ditemukan zat penangkal virus Corona ? (semoga saja) !

Apapun itu usaha manusia harus terus dicoba guna menemukan obat virus Corona ini agar korban yang ditimbulkan bisa dikurangi bahkan dihilangkan. Dan semoga kita semua senantisa diberikan kesehatan dan kekuatan agar terhindar dari penyakit berbahaya ini !!!
Do'a terhindar dari penyakiti (https://m.ayobandung.com/)
Wallohua'lam Bisshowab

Wassalammu'alaikum Wr. Wb.

No comments:

Post a Comment

Designed Template By Blogger Templates - Redesigned By RIESKY FERDIAN