Breaking News

Sunday, March 10, 2013

20 paket soal UN ? Siapa Takuut...!!!

Assalammu'alaikum....
Semoga Bro n Sis semua diberikan limpahan rahmat & barokah-Nya slalu ! Langsung aje ya ke inti permasalahan, sperti yang kita ketahui semua bahawa jumlah format paket soal UN di tahun 2013 ini adalah berbeda sama skali dengan paket soal UN tahun tahun sbelumnya ! Klo yg tahun 2012 lalu masih menggunakan 5 model paket yakni paket A,B,C,D dan E. Sedangkan untuk tahun ini adalah 20 paket soal berbeda semua yang artinya bahwa quota 1 ruangan UN sejumlah maksimal 20 siswa adalah mengerjakan paket soal yang berbeda semua sehingga tidak ada kesempatan bagi siswa untuk bisa bekerjasama ataupun mencontek !!!
Hal ini memang dimaksudkan oleh pemerintah untuk menciptakan UN yang benar benar jujur dan murni hasil tersebut adalah kerja keras buah usaha dari siswa sendiri tanpa adanya bantuan dari orang lain (kecuali dari Alloh SWT) !
Hal tersebut memang menjadi beban dan tugas yang berat bagi siswa khususnya siswa yang berkemampuan pas-pasan atau bahkan sama skali tidak bisa. Nila minimal target lulus UN yakni rata rata 5,5 akan semakin berat bila mapel yang diUN-kan tidak benar benar dikuasai. Sampai - sampai karikatur Patrrick menggambarkan betapa streessnya si patrick (matanya melotot memerah keliatan urat uratnya) bila mengetahui dan menghadapi bahwa UN paket soalnya 1ruangan beda semua !
Adapun artikel ane kali ini mencoba membahas permasalahan tersebut, dengan memberi sedikit motivasi, alasan bahkan solusi bagaimana agar 20 paket soal UN tersebut tidak membuat kalian GALAU  atau bahkan MUMET semua !
Let's Check This Out.....(Cekidot )
Seperti yang kita ketahui model UN pasti tiap tahun berbeda / berubah bahkan istilah lainnya adalah "dipersulit" meski syarat kelulusan tidak berubah dari tahun yakni 40 % nilai sekolah dan 60% nilai murni UN. Kita sebagai warga negara yang notabenenya seorang siswa tidak bisa berbuat apa-apa menerima model paket UN yang baru ini.
Pertama yang kita lakukan adalah apapun model paket UN nanti, kita harus siap sepenuh hati & tenaga. Peribahasa atau semboyan Jepang menyebutkan GANBATTE KUDASAI, atau di dalam Islam juga ada MAN JADDA WA JADA ! Bahkan dalam bahasa Inggris pun ada yakni Where there is a will, There is a way yang artinya kurang lebih dari berbagai bahasa tadi adalah ada kemauan ada jalan, siapa yang bersungguh-sungguh pasti bisa ! So...tinggal kitanya aja bisa atau tidak bersungguh - sungguh (tenanan) mempersiapkan UN tahun ini ?!? maka, bila kita sudah bersungguh - sungguh tidak ada alasan lain kecuali BISA mengerjakan soal sesulit apapun bila persiapannya sudah matang ! Ibarat orang mau bertanding, pasti butuh latihan, lha UN juga bergitu. Latihannya apa ??? ada banyak contohnya, misalnya Try Out, Les, Belajar sendiri atau kelompok bahkan dengan gurunya dan lain sbagainya.
Setelah persiapan sudah apa lagi ????
Ada lagi cara kedua yakni dengan beribadah. Ibadah itu macam - macam bentuk dan hubungannya. Ane bahas yang bentuk dulu ya ! Bentuk ibadah yang dimaksud adalah bisa dengan sholat Sunnah tambahan misal Tahajjud, Dhuha, Hajat, Istikharah (Kalo Sholat wajih mah ga usah disebutin itu mesti dilakukan tapi levelnya baru tingkat biasa). Ga cukup itu bentuknya bisa kok ditambahi yakni dengan puasa Sunnah bahkan bisa diperkuat dengan Nadzar atau janji bila nanti ane lulus UN, maka ane Nadzar akan.....??? Lha kalo Lulus beneran ditepatin janji tersebut (karena ente janjinya sama Alloh ga maen maen) !!! Adapun hubungannya kalo yang ane sebutin diatas tadi adalah contoh ibadah hubungan sama Tuhan, lha yang satunya lagi hubungannya dengan sesama manusia yakni misalnya sama Ortu, Guru, temen - temen (pacar ga usah disebutin...!!!). Caranya adalah dengan meminta restu & ridho dari mereka terutama kpada Ortu & Guru bila punya salah tolong dimaafin and skaligus minta doanya agar lulus ..... (Aamiin).
Cara yang ketiga adalah sebetulnya sbagai cadangan alias tambahan dari itu semua jika dirasa kedua cara cara diatas masih belum mantep.
Yakni dengan melakukan amalan khusus (mirip cara kedua cuma lebih banyak and detail serta butuh keihkhlasan dan keasabaran ente). Ada doa doa khusus atau amalan amalan yang harus dilakukan. Sekolahan telah mengadakan Mujahadah sebagai langkah ketiga ini. Mujahadah adalah semacam dzikir - dzikir atau bahasa lainnya mirip Istigotsah.Berikut ane kasih link-nya di internet yang bisa diamalkan selain Mujahadah yang disekolahan. Atau ada juga do'a Nabi Yunus berikut untuk setiap kesulitan.Bahkan di link berikut ini mengatakan apabila mengamalkannya maka Insya Alloh terkabul lulus UN, tes SNMPTN bahkan tes CPNS (Aamiin).
Dari beberapa alamat link dan cara cara yang ane kasih kiranya patut dicoba berbekal semangat, berusaha keras dan keyakinan kita bahwa Alloh akan mengijabahi, maka UN2013 ini meski dibuat 20 paket soal pun kita bisa mengatakan Siapa Takut !!!! (tentunya tidak boleh sombong apalagi tanpa adanya usaha apapun).
Wallahua'lam bisshowab
Wassalammu'alaikum....



No comments:

Post a Comment

Designed Template By Blogger Templates - Redesigned By RIESKY FERDIAN