Breaking News

Monday, April 9, 2012

TIPS SEDERHANA MENGHADAPI UN

Assalammu'alaikum... Sehubungan dengan semakin dekatnya hari hari menjelang UN baik tingkat SMA maupun SMP, maka tidak ada salahnya bila saya tuliskan artikel UN ini dalam 3 judul. Monggo silahkan dibaca, dihayati & anda terapkan guna kesuksesan UN mu nanti...! (Wallahu'alam bisshowab ???)

UN atau Ujian Nasional adalah adalah sebuah ujian yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia untuk menentukan seorang pelajar atau siswa bisa lulus atau tidak dari sekolahnya. Pada dasarnya UN bagi siswa sangat membuat para siswa menjadi tertekan. Dalam keadaan tertekan mungkin akal sehat telah dikalahkan olehnya.

Yang menjadi permasalahan oleh UN ini adalah sistem penilaian yang disejajarkannya tingkat kelulusan dari semua sekolah tanpa pandang bulu. Baik, dari sekolah yang letaknya di kota, atau yang notabenenya sekolah yang berada di kota biasanya lebih mempunyai fasilitas yang lengkap serta guru-guru yang sudah berpengalaman, maupun bagi sekolah yang berada di desa. Mungkin pemerintah seakan menutup mata akan adanya perbedaan kondisi tersebut.

Terlepas dari perbedaan tersebut, yang lebih membuat pilu adalah sisem ABC atau pilihan ganda tersebut dianggap berbagai kalangan adalah sistem soal yang tidak bisa menyatakan bahwa siswa lulus itu seluruhnya adalah pintar, namun pada kenyataannya fakta membuktikan dengan sering terdengar berita bahwa seorang siswa yang memiliki peringkat kelas tidak lulus. Jadi, saya berkesimpulan bahwa yang lulus UN itu tidak semata karena pinta namun karena danya faktor X yaiu keberuntungan. Dan yang lebih tidak masuk akal adalah waktu 2 jam akan menjadi penentu untuk masa pelajaran yang sudah ditempuh selama 3 tahun belajar.


Tapi, apapun itu semoga bisa mnejadi penyemangat guna membuktikan bahwa kalian itu bisa lulus UN. Disini saya yakin bahwa belajar adalah faktor terbesar yang bisa membuat kalian lulus UN. Namun, saya tidak akan share mengenai Tips Bagaimana Lulus Ujian. Tapi, bagaimana menghadapi ujian.

Untuk menghadapi ujian, siswa sering melakukan hal yang salah, apa itu? Mereka sering belajar sampai larut malam sehingga ketika besok paginya ereka ujian, dengan keadaan yang tidak memungkinkan. untuk mencegah hal itu maka berikut tips sederhana dari saya dalam menghadapi UN:

1. Jangan belajar lewat dari jam 9 malam, karena hanya bisa membuat anda ngantuk pada saat besok harinya  dalam mengerjakan soal UN.

2. Siapkan alat-alat ujian dengan benar,

3. Pastikan bahwa semua alat pendukung ujian anda sudah dimasukkan ke dalam tas, menghindari adnya kegugupan anda kalau ada hal yang terlupakan.

4. Tidur cepat agar bisa fresh saat UN berlangsung.

5. Berdo'a, karena ketika semua telah dilakukan maka faktor yang sangat berharga adalah do'a.

Demikian beberapa tips sederhana yang bisa saya bagikan ke[ada anda guna menghadapi ujian. Mengenai hasil sekali lagi saya tekankan bahwa "ORANG YANG LULUS UN BELUM BISA DINYATAKAN BAHWA DIA ITRU PINTAR NAMUN HANYA KARENA BERUNTUNG' Kalian juga tidak akan pernah dibilang tidak pintar sekalipun kalian tidak lulus UN, kalau kalian bisa memposisikan atau membuktikan kepintaran kalian.

Akhirnya, saya cuma berharap bahwa semua bisa lulus ujian dengan hasil yang terbaik, terima kasih sudah berkunjung ke blog saya.

Source From : info-yazid.com

No comments:

Post a Comment

Designed Template By Blogger Templates - Redesigned By RIESKY FERDIAN