Breaking News

Saturday, April 21, 2012

JELANG UN SMP ( What Must I Do... ? )

Assalammu'alaikum W r. Wb
Salam sejahterah semoga karunia & rahmat Alloh SWT tetap tercurahkan kepada kita semua.
Tak terasa akhirnya tiba pula saat gilirannya anak-anak SMP se Indonesia besok pada hari Senin tgl 23 April 2011 sampai hari Kamis tanggal 26 April 2012 akan menghadapi Ujian Nasional di tahun 2012 ini.
Adapun selama 2 hari ini mereka yang duduk di SMP kelas 9 mulai hari Jum'at & Sabtu diberikan kesempatan untuk menikmati liburannya atau diistilahkan dengan Hari Tenang Jelang UN 2012 guna mempersiapkan mental & fisik mereka sebelum menghadapi UN di hari Senin nya.
Adapun istilah Hari Tenang ataupun Jelang UN bukan berarti anak -anak tersebut di rumah tidur, main ataupun tidak melaksanakan persiapan apapun guna menghadapi UN, tetapi mereka mjuga tetap harus waspada & tetap mempersiapkan dirinya guna
kesuksesan hasil dari UN nantinya.Meskipun tidak perlu Tegang alias Spaneng & apalagi Takut ketika menghadapi UN, namu kelengahan ataupun menyepelekan UN tetaplah Jangan Terjadi !!! Meski sekarang LULUS UN Itu di Permudah, tidak sesulit atau semendebarkan seperti 2 tahun sebelumnya.
Adapun hal -hal apa saja yang bisa dilakukan di Hari Tenang tersebut antara lain menurut Blog ini adalah :
a. Mujahadah sendiri Dirumah
    Meski sekolahan sudah mengadakan Mujahadah sampai beberapa kali secara bersama-sama, namun Mujahadah secara individu & dengan keluaraga mungkin perlu juga dilakukan diruman untuk tetap memohon kepada Alloh SWT agar do'a & keinginan LULUS UN dengan nilai yang baik lebih mantap lagi & dikabulkan.
b. Menjaga Kesehatan
    Tidak bisa dipungkiri bahwa yang namanya kesehatan adalah hal yang paling berharga karena nilai sebuah kesehatan amat sangat mahal harganya bila harus berobat ke Dokter ataupun Rumah Sakit.Oleh sebab itu agar siswa tidak mengikuti Ujian Susulan karena sesuatu hal misalnya akit, maka menjaga kesehatan pun juga sangat penting.
c. Menjaga Keselamatan
    Selain kesehatan hal lain yang perlu dijaga adalah tentu saja keselamatan atau nyawa siswa itu sendiri yang akan menghadapi UN selama 4 hari berturut-turut. Jangan sampai tidak ikut UN dikarenakan kecelakaan yang diakibatkan kecerobohan siswa itu sendiri misal kebut-kebutan naik kendaraan & lain sebagainya (kecualimusibah tersebut memang tidak sengaja atau Naas) !
d. Belajar Ringan
    Tidak bisa dipungkiri selama sebelum UN biasanya siswa kelas9 sudah cukup stress dengan adanya tambahan les di sekolah. Bimbel, tryout apalagi di Assalamah pulangnya sampe sore :-) Oleh sebab itu ketika malam harinya akan UN. belajar tidak perlu berlebihan memporsir diri sampai melekkan sehingga mengakibatkan staminannya loyo ketika paginya mengerjakan soal UN. Cukup belajar yang ringan - ringan saja.
e. Meminta Restu kepada Orang Tua
    Mujahadah adalah bentuk hubungan vertikal atau Hablum Minalloh, sedangkan bhakti kepada orang tua adalah Hablum Minnannaas, maka perlu sekali untuk seorang anak di dalam membantu kesuksesan hidupnya mereka wajib meminta do'a & restu dari kedua orangtuanya. Termasuk juga UN & cita -citra yang selanjutnya.
Semoga kelima hal diatas bisa membantu kalian anak smpipa & alumners untuk kesuksesan UN/SMPTN ataupun ujian - ujian yang lainnya....!!!
Akhir kata yang bisa penulis sampaikan di BLOG ini adalah :

Wassalammu'alaikum Wr Wb....

No comments:

Post a Comment

Designed Template By Blogger Templates - Redesigned By RIESKY FERDIAN